Dalam rangka memenuhi Tridarma Perguruan Tinggi, Jurusan Teknik Mesin  Politeknik Negeri Padang menggelar Pelatihan Peningkatan Pengelasan SMAW 2F bagi sekitar 20 orang pemuda Kelurahan Limau Manis, Kelurahan Koto Luar, dan Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, di kampus PNP, kemaren  (2/11/18).

Pemuda peserta pelatihan itu mayoritas  tamatan SLTA dan belum berani memasuki dunia kerja  karena merasa belum memiliki ketrampilan memadai untuk bergabung dengan tenaga kerja lapangan, demikian Nota Effiandi, ST., M.Pd., selaku Ketua Pengabdian kepada Masyarakat.

Kelurahan Limau Manis dinilainya saat ini berkembang sangat cepat, baik dari segi jumlah penduduk yang tinggal secara permanen maupun yang tinggal sewaktu (selama kuliah/kerja).

Pelatihan peningkatan pengelasan listrik SMAW 2F ini berlangsung penuh semangat  selama 2 hari di Bengkel Teknik Mesin, Politeknik Negeri Padang.

Diharapkan usai pelatihan, peserta mampu melakukan pengelasan dengan metode 2F dengan baik, sesuai dengan standar pengelasan dan dapat memasuki dunia kerja pegelasan dengan bekal yang diberikan.

 

Pemasangan konkarde kepada salah seorang peserta Pelatihan Pengelasan oleh Wakil Direktur 1 PNP, Revalin Herdianto, Ph.D. pada acara pembukaan pelatihan pengelasan.

 

Instruktur dan Tim Pengabdi saat pergantian sesi

 

Ketua Tim Pengabdi, Nota Effiandi, ST., M.Pd.

 

Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang memiliki potensi dan layak melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan pengelasan SMAW 2F kepada pemuda di Kecamatan Pauh tersebut, karena memiliki ruang dan peralatan pengelasan yang memadai dan baik.

Selain memiliki ruang dan peralatan, Jurusan Teknik Mesin juga memiliki dosen yang bersertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), di bidang las SMAW. Selain itu juga memiliki dosen yang bersertifikat Training of Trainer (ToT) , demikian Revalin Herdianto, Ph.D., Wakil Direktur 1 PNP dalam pembukaan diklat tersebut.

 

Selain melatih pemuda Kecamatan Pauh, Tim Pengabdi juga mengikutsertakan tenaga honorer PNP.

 

Peserta pelatihan segan duduk di bangku depan.

 

 

d®amlis

Berita Terkait