Di wisuda yang ke-54, Politeknik Negeri Padang (PNP) berhasil menyetarakan standar pendidikannya secara internasional. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan PNP menyabet Credit Transfer Ditjen Belmawa Kemristekdikti atas kerja bareng dengan Malaysia yang berdampak pada pembukaan lapangan kerja lintas negara bagi alumni PNP dan penghargaan paper terbaik di bidang Teknik Sipil yang diraih alumnusnya dalam The 30th of Nokiri Award, penghargaan pertama kalinya oleh Jepang kepada warga asing dan berjender perempuan.

Demikian diungkapkan Direktur PNP, Surfa Yondri dalam Wisuda ke-54 Jilid 2, Minggu, 21 Oktober 2018.

Berkat Credit Transfer, 2 dari 3 orang mahasiswa Prodi D-3 Teknik Sipil yang mengikuti program tersebut diterima menjadi karyawan di perusahaan industri Malaysia. Di sisi lain, Excelent Paper Award on Tge Technology and Research on The Diagnosis and Repair of Structure membuktikan bahwa alumni PNP telah berkiprah di dunia internasional.

Kepercayaan industri kepada PNP terus meningkat yang dibuktikan dengan diterimanya alumni bekerja sebelum diwisuda. Lima belas (15) orang wisudawan Prodi D-3 Teknik Alat Berat direkrut PT Trakindo Utama dan 12 orang direkrut oleh PT Brantas Abipraya.

 

Alumni PNP Hingga Saat Ini 17.740 Orang

Tahun ini (2018) PNP tercatat telah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, di antaranya Ming Chi University of Technology, Lung Hwa University of Science and Technology, dan Southern Taiwan University of Science and Technology, serta Management and Science Univetsity Malaysia.

Pada wisuda ke-54 tersebut PNP mewisuda 1.366 orang yang terdiri dari 287 orang Prodi D-2 (Rintisan Akademi Komunitas Negeri Binaan PNP), 878 orang Prodi D-3, dan 201 orang Prodi Sarjana Terapan D-4. Dengan demikian jumlah lulusan hingga saat ini 17.740 orang. Khusus Prodi D-2 (Rintisan Akademi Komunitas Negeri) hingga saat ini telah meluluskan 1.154 orang. Alumni tersebar di berbagai instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta nasional dan internasional, demikian Yondri.

Sertifikat Keahlian Mengajar dan Insentif Jurnal Bereputasi

Pengembangan kompetensi dosen menjadi prioritas mengingat pemberlakuan sertifikat keahlian untuk mengajar dalam waktu dekat.

Komitmen PNP adalah memfasilitasi penelitian dan pengabdian masyarakat para dosen yang melibatkan mahasiswa. Hasilnya wajib diterbitkan dalam jurnal bereputasi, baik nasional maupun internasional. Sesuai kemampuan anggaran,  PNP akan memberi insentif untuk dosen yang bersangkutan.

Sehubungan dengan itu, karya-karya kreatif mahasiswa direncanakan akan disampaikan ke industri yang relevan dan masyarakat. Dengan demikian produk unggulan dosen dan mahasiswa diharapkan memberi solusi untuk permasalahan industri dan masyarakat.

Di akhir sambutan, Direktur PNP mengamanatkan agar alumni melihat tantangan sebagai peluang. Mereka diimbau untuk menjadi SDM yang memiliki keunggulan daya saing, adaptif, fleksibel, kreatif, inovatif, menguasai IT dan bahasa internasional, komunikatif, punya sikap kepemimpinan yang baik, kritis, dan berpemikiran tingkat tinggi. Bekal dari PNP dinilai cukup untuk memasuki dunia kerja, alumni tinggal mengembangkan potensi mereka.

d®amlis

Berita Terkait