Pada Hari Rabu, Tanggal 5 September 2018 ini Politeknik Negeri Padang melepas 20 orang mahasiswa dan tiga orang dosen pembimbing dipimpin Koordinator Program Studi, Hartati ST. MT. untuk mengikuti Seminar Nasional dalam rangka Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI) Ke-35, 7-9 September 2018 di Medan. Mahasiswa dan dosen ini berasal dari Program Studi Diploma IV Teknik Perencanaan Irigasi dan Rawa (PIR), Jurusan Teknik Sipil. Pada seminar ini mahasiswa dan dosen akan memaparkan 12 makalah, dimana 10 dari makalah ini akan dipresentasikan oleh mahasiswa.

Keikut-sertaan mahasiswa PIR pada Seminar Nasional HATHI ini bertujuan untuk melatih kemampuan menulis dan presentasi mahasiswa di forum resmi yang dihadiri oleh praktisi dan akademisi dari seluruh Indonesia. Makalah yang ditulis merupakan bagian dari Tugas Akhir (final project) mahasiswa pada semester 8. Disamping itu keikut-sertaan pada seminar ini juga diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa terhadap teknologi di bidang teknik sipil umumnya, dan teknik sumber daya air khususnya. Bagi Politeknik Negeri Padang dan Jurusan Teknik Sipil, partisipasi mahasiswa di forum berskala nasional ini merupakan wujud keikut-sertaan dan konstribusi ilmiah di bidang keilmuan.

Rapat Persiapan Seminar Nasional HATHI di Kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera V, Jl. Khatib Sulaiman, Padang yang dipimpin oleh Ketua HATHI Cabang Sumatera Barat, Maryadi Utama, didampingi Ketua Bidang Seminar dan Publikasi Ilmiah, Revalin Herdianto

Partisipasi mahasiswa PIR dalam Seminar Nasional ini mendapat dukungan yang besar dari HATHI Cabang Sumatera Barat. Ketua Cabang HATHI Sumbar yang sekaligus Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V, Bapak Maryadi Utama, ST. MSi., memberikan apresiasi atas keberhasilan PIR mengirim 10 makalah dari mahasiswa dan 2 makalah dari dosen, yang diterima untuk tampil pada Seminar Nasional HATHI ke-35 di Medan. Dari seluruh cabang HATHI di 34 Provinsi, HATHI cabang Sumbar tahun ini mengirimkan paper terbanyak, yaitu 18 makalah, dengan sebagian besar (12 makalah) berasal dari PIR. Bapak Maryadi berharap dari seluruh makalah ini ada yang terpilih sebagai makalah terbaik pada seminar nanti. Makalah tersebut adalah:

  1. Nama: Bambang Istijono, Abdul Hakam, Maryadi Utama, Ali Rahmat, Institusi: HATHI Sumbar/Univ. Andalas, Judul    : Tinjauan Permasalahan dan Penanganan dalam Revitalisasi Danau Maninjau.
  1. Nama: Rifda Suriani, Zahrul Umar, Rahmad Yuhendra, Librina Anggraini, Institusi: HATHI Sumbar/Dinas PSDA Sumbar, Judul    : Analisa Penyebab Banjir Di Kawasan Khatib Sulaiman-Lapai-Gunung Pangilun Kota Padang dan Pengendaliannya
  1. Nama : Tipani Ulfah Sabrina – Taufiq Hidayat, Hartati – Zahrul Umar, Institusi: HATHI Sumbar /Politeknik Negeri Padang, Judul    : Analisis Sedimentasi Batang Arau dan Pengaruhnya terhadap Pendangkalan di Pelabuhan Muara Padang.
  1. Nama : Fifi Melani – Anggi Rahmat Putra, Suhendrik Hanwar- Wisafri, Institusi: HATHI Sumbar /Politeknik Negeri Padang, Judul    : AnalisaAngkutan Sedimen di Batang Kuranji (Studi : Kasus di Hulu Bendung Gunung Nago).
  1. Nama : Tessa Elvira – Arrahmat Taufik, Sadtim – Indra Agus, Institusi : HATHI Sumbar /Politeknik Negeri Padang, Judul    : Pengaruh Longsor Akibat Gempa Terhadap Kapasitas Penampang Sungai Pada Batang Mangor Kabupaten Padang Pariaman.
  1. Nama : Yayank Putri Zia -Faldi Aprio, Mawardi Samah – Wisafri, Institusi: HATHI Sumbar /Politeknik Negeri Padang, Judul    : Analisa Pengaruh Sudetan Muara Sungai Batang Antokan Terhadap Tinggi Genangan Banjir
  1. Nama : Engla Harmi Kesla Pratiwi – Rido Rahmanela Putra, Dalrino -Suhendrik Hanwar, Institusi: HATHI Sumbar /Politeknik Negeri Padang, Judul    : Analisa Angkutan Sedimen Batang Lembang dan Pengaruhnya terhadap Endapan di Danau Singkarak.
  1. Nama : Trinanda Rahmadani -Ade Irma Suryani, Dalrino -Aguskamar, Institusi: HATHI Sumbar /Politeknik negeri padang, Judul    : Kajian Estimasi Waktu Tampung Efektif Bendung Talawi kota Payakumbuh Terhadap Endapan Sedimen.
  1. Nama : Siti Mardhia Ardina -Afdhal Raras, Indra Agus – Munafri Alwys, Institusi: HATHI Sumbar /Politeknik Negeri Padang, Judul    : Analisis Perbandingan Data Curah Hujan Satelit dan Permukaan untuk Pemodelan Hidrograf Satuan Sintetis Batang Sinamar.
  1. Nama : Sarini – Aulia Julian Fajri, Revalin Herdianto – Elvi Roza Syofyan., Institusi: HATHI Sumbar /Politeknik Negeri Padang, Judul    : Identifiikasi Kebutuhan Air Dan Produktivitas Padi pada Daerah Irigasi Cascade Menggunakan Remote Sensing.
  1. Nama : Alles Sandro Muharsya -Mila Yelmita, Suhendrik hanwar -Hartati, Institusi: HATHI Sumbar /Politeknik Negeri Padang, Judul    :  Evaluasi Sistem Drainase Ulak Karang Dengan Metode Pemograman EPA SWMM Versi 5.1.
  1. Nama : Nisa Khairat – Nulrajabmil,  Revalin Herdianto – Chairul Muharis, Institusi: HATHI Sumbar /Politeknik negeri padang, Judul    : Pengaruh Perubahan Lahan terhadap  Debit Limpasan Das Air Dingin yang Berpotensi Banjir.
  1. Nama : Syafril Daus, Rifda Suriani, Zahrul Umar, Dede Suhaji, Institusi: HATHI Sumbar/Dinas PSDA Sumbar, Judul    : Hitung Ulang Kemampuan Dam Sabo di Hilir Bendung Irigasi Gunung Nago Kota Padang Terhadap Debit Banjir dan Menahan Angkutan Sedimen
  1. Nama : Maryadi Utama, Seri Marona,  Egip Fernando Institusi : HATHI Sumbar /Balai Wilayah Sungai Sumatera V, Judul    : Hubungan Tinggi Muka Air dan Debit Di Batang Kuranji Kota Padang.
  1. Nama : Revalin Herdianto, Elvi Roza Syofyan, Maryadi Utama , Seri Merona, Institusi: HATHI Sumbar/Politeknik negeri padang, Judul    : Analisis Tingkat Kerentanan Lahan DAS Air Dingin Kota Padang terhadap Bencana Terkait Akibat Perubahan Iklim dan Tata Guna Lahan
  1. Nama : Dalrino, Maryadi Utama , Suhendrik Hanwar, Institusi: HATHI Sumbar/Politeknik negeri padang, Judul    :Studi Gerusan Pada Struktur Bangunan Pantai Akibat Serangan Gelombang Pecah
  1. Nama : Ramadhatul Hidayat, Junaidi, Ahmad Junaidi, Judul : Analisis kinerja kolam detensi ujung gurun sebagai pengendali banjir.
  1. Nama : Seri marona, Maryadi Utama, Febriza, Egip Fernando, Institusi: HATHI Sumbar/BWSS V, Judul : Pemodelan Neraca Air Permukaan untuk Pendugaan Surplus dan Devisit DAS Anai.

Foto bersama sesaat sebelum keberangkatan.

Pada amanat dalam rangka pelepasan mahasiswa yang berangkat ke Medan, Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri, SST. M.Kom berpesan kepada mahasiswa agar berusaha sebaik mungkin karena membawa nama baik institusi. Disamping itu, Direktur juga berharap supaya kegiatan ilmiah ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa di PNP untuk tampil di forum-forum ilmiah untuk membawa nama institusi. Dalam kesempatan ini Direktur kembali menegaskan komitmen dan dukungan PNP untuk kemajuan mahasiswa. Ketua Jurusan Teknik Sipil Aguskamar, ST. M.Eng berpesan supaya mahasiswa meningkatkan persiapan penguasaan materi dan mental supaya tidak gugup. Disamping itu Ketua Jurusan juga berpesan supaya forum ini dapat memacu mahasiswa untuk mempercepat penyelesaian tugas akhir.

Berita Terkait