Padang – Politeknik Negeri Padang dipercaya menjadi tuan rumah konferensi internasional pertama bertajuk “International Conference Applied Information Technology and Innovation” (ICAITI) tahun 2018, 3-5 September di salah satu hotel berbintang di Padang.

Konferensi tersebut dihadiri 50 orang peserta dari unsur dosen Informasi Teknologi (IT) tiga negara, yakni Indonesia, Taiwan, dan Thailand. Untuk Indonesia melibatkan dosen dari ITB, UI, UGM, ITS, Politeknik Negeri Samarinda, serta Politeknik Negeri Padang.

Konferensi ini didukung penuh Direktur IEEE Region 10 Prof Prof. Kukjin Chun yang juga guru besar Seoul National University dari Korea Selatan. Beliau juga memaparkan materi dengan judul Extending the Opportunity with Miniaturization.

Pemateri lainnya adalah Prof Chun Che (Lance) Fung dari Murdoch University Australia, dengan materi Optimal Docment Clustering With Feature Selection and Centroit Allocation, dan Dr Kurnia Ningsih dari Politeknik Negeri Semarang dengan judul materi Toward a New Paradigm for The Design of Assistive Technology in Smart Home Care.

Ketua Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Padang Ronal Hadi mengatakan, Konferensi ICAITI merupakan konferensi pertama antar peneliti bidang Informasi Teknologi (IT).

Selama ini diakui Ronal, konferensi yang dilakukan Politeknik Negeri Padang multi disiplin dengan melibatkan semua bidang ilmu, namun kali ini lebih spesifik satu saja bidang ilmu Informasi Teknologi (IT)

Ia berharap dalam dosen PNP yang mengikuti konferensi ini bisa menambah networking dengan sesama peneliti dalam bidang IT. Karena dalam melakukan penelitian perlu jejaring luas guna memecahkan suatu permasalahan.

“Dengan bertambahnya networking, mereka bisa berkolaborasi menyelesaikan masalah masalah di bidang IT dengan dosen dari dalam maupun luar negeri,”kata Ronal.

Dampak positif lainnya bagi PNP adalah untuk meningkatkan penilaian kampus dari sisi rangking perguruan tinggi. Semakin banyak iven dilaksanakan melibatkan dari berbagai negara, maka semakin banyak poin yang didapatkan kampus.

“Saat ini PNP peringkat 11 se Politeknik negeri dan swasta se Indonesia. Dengan banyaknya iven berskala nasional dan internasional yang dilakukan kampus, kami optimis PNP bisa naik peringkat tahun depan,”pungkasnya.(ridho)

Berita Terkait