Dalam sambutan sekaligus pembukaan kontes secara resmi, Direktur PNP, Surfa Yondri, S.ST., MT., mengharapkan sekolah tinggi pariwisata Sumbar, terutama UPW PNP mampu menjadi lembaga penyedia SDM yang  menyiapkan tenaga-tenaga terampil di saat pariwisata menjadi penyumbang devisa nomor 1 di Indonesia.

Dr. Primadona, SE., M.Si., selaku Ketua Jurusan Administrasi Niaga menambahkan, era globalisasi memberi dampak ganda, di samping membuka kerjasama antarnegara juga persaingan yang ketat dan tajam di segala bidang pekerjaan. Sehubungan dengan itu, perguruan tinggi harus memperkuat daya saing dan keunggulan kompetitif pada kompetensi lulusan.

Menyikapi hal itu, Jurusan Administrasi Niaga menyediakan Tempat Uji Kompetensi (TUK), termasuk untuk SDM Kepariwisataan, sehingga kompetensi SDM sesuai dengan kebutuhan industri.

Dalam laporannya, Ketua Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, Rini Eka Sari, SS., M.Par., MMTHRL, menyatakan, tingginya minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi memerlukan wadah sebagai ajang komunikasi.

Prodi UPW PNP sebagai salah satu pendidikan vokasional di provinsi ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Pariwisata dengan konsentrasi Usaha Perjalanan Wisata.

Dengan demikian, kontes tersebut menjadi media untuk saling melengkapi  kompetensi yang dibutuhkan industri pariwisata.

d®amlis

Berita Terkait