Juara desain terbaik kategori berkaki, juara 2 kategori soccer berkuda, juara 2 kategori robot seni dan juara harapan 1 kategori robot KRPAI.

Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kembali menyelenggarakan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 sebagai ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika. KRI 2018 terdiri dari 5 (lima) divisi, yaitu: 1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); 2. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI); 3. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); 4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; dan 5. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda.

KRI 2018 dilaksanakan bekerja sama dengan Perguruan Tinggi yang ditunjuk untuk menyelenggarakan Kontes Tingkat Regional dan Kontes Tingkat Nasional. Kontes Tingkat Regional akan diselenggarakan pada 4 (empat) wilayah Regional, yaitu: Regional 1 (area Sumatera), Regional 2 (area Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat, dan Sulawesi), Regional 3 (area Jawa bagian tengah, kalimantan bagian timur dan selatan), dan Regional 4 (area Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua).

 

Pembina tim robot PNP

 

Tim terbaik pada Kontes Tingkat Regional akan diundang untuk ikut serta dalam Kontes Tingkat Nasional di Surabaya. Juara pertama KRAI Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada ABU Robocon 2018 di Ninh Binh, Vietnam. Juara pertama KRPAI Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada Trinity College International Robot Contest 2019 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Juara pertama KRSBI Humanoid Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada ROBOCUP 2019. Untuk KRSTI dan KRSBI Beroda belum diatur afiliasi-nya.

KRI regional 1 Sumatera dilaksanakan di pekanbaru dengan panitia pelaksana/tuan rumah Universitas Riau (Unri). Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 26 – 28 april di GOR Tri Buana Pekanbaru. Politeknik Negeri Padang ikut dalam semua kategori. Berkat usaha dan perjuangan tim Politeknik Nageri Padang mendapatkan 4 piala:
1. Juara desain terbaik kategori berkaki,
2. Juara 2 kategori soccer beroda, Juara 2 kategori robot seni
dan juara harapan 1 kategori robot KRPAI

Berita Terkait