PNP Seleksi 1.270 Mahasiswa Baru, Kelas Kerjasama PLN Ramai Peminat

Padang, Rakyat Sumbar—Mahasiswa Politeknik Negeri Padang (PNP) lulusan dari kelas kerjasama PT PLN berpeluang besar untuk menjadi pegawai PT PLN (Persero). Hal ini berdampak banyaknya peminat untuk masuk kelas kerjasama ini. Dibandingkan tahun lalu, terjadi peningkatan peminat yang ingin menjadi calon mahasiswa dari program Diploma III jurusan Listrik tersebut.

“Tahun lalu, peminatnya sebanyak 927 orang. Tahun ini dua hari menjelang pendaftaran ditutup (Senin-red) tercatat telah 947 orang yang mendaftar, sementara pendaftaran baru akan ditutup tanggal 18 April 2018,” sebut Direktur PNP Surfa Yondri, ST, SST, M.Kom pada kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru PNP, diruang kerjanya, Senin (14/4).

Ia mengatakan, setelah pendaftaran ditutup untuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur kerjasama PLN akan mengikuti tes akademik yang dilaksanakan di kampus PNP, Sabtu (21/4). Kemudian pengumuman hasil tes akademik akan diumumkan pada 24 April mendatang.

“Bagi yang lulus tes akademik, selanjutnya akan mengikuti tes psiklogi, tes kesehatan dan wawancara. Rencananya untuk jalur kerjasama PLN ini hanya 50 orang yang akan diterima,” terangnya pada kegiatan yang dihadiri Wakil Direktur I PNP Drs. Albar M.Kom, Wakil Direktur II Anton, ST, MT, Kepala Bagian Adm, Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan SIM Maidar S.Tp. MM, Ketua Jurusan Teknologi Informasi, Ronal Hadi, ST, M.Kom dan Kepala UPT Humas PNP, Wiwik Andraini, SE.Akt, M.Si

Ia menambahkan, PT PLN memberikan beasiswa sebesar Rp 6 juta untuk tiga orang mahasiswa berprestasi pada kelas kerjasama PLN tiap semesternya. Tak hanya itu, pada saat magang mahasiswa juga mendapatkan uang saku sebesar Rp 850 ribu perbulannya.

“Bukan itu saja, setelah menamatkan pendidikan di PNP, bagi mahasiswa yang memiliki IPK diatas 2,75 berpeluang untuk mengikuti Diklat Prajabatan PT. PLN (Persero) sebagai prasyarat untuk diangkat menjadi pegawai PLN. Setiap tahunnya selalu banyak lulusan kelas kerjasama PLN yang diterima langsung bekerja di PLN,” terangnya.

Ia menjelaskan penerimaan mahasiswa baru PNP juga dilakukan beberapa jalur lainnya. Diantaranya jalur bidikmisi, PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) yang serentak dilaksanakan bersama 42 Politeknik Negeri se Indonesia, penerimaan kelas kerjasama dengan PT Trakindo Utama untuk program studi alat berat, jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN), dan seleksi nilai Ujian Nasional (UN).
““Secara keseluruhan dari berbagai seleksi masuk yang dilakukan, PNP akan menerima mahasiswa baru sebanyak 1.270 orang. Itu sesuai dengan daya tampung PNP tahun 2018 untuk 20 program studi yang ada,” pungkasnya. (mul)

https://www.harianhaluan.com/news/detail/69523/banyak-alumni-yang-langsung-bekerja-peminat-pnp-meningkat